Selang Pemadam Kebakaran Terbaik

Selang Pemadam Kebakaran

Kebakaran dapat disebabkan oleh api atau konsleting instalasi listrik. Selang pemadam kebakaran merupakan komponen penting untuk mengatasinya.

Bencana satu ini sering terjadi di pemukiman, kawasan perkantoran, mall bahkan hutan. Penanganan yang kurang sigap menyebabkan api cepat menyebar sehingga bukan hanya merugikan secara materiil tetapi juga korban jiwa.

Selang Pemadam Kebakaran: Kegunaan, Jenis dan Cara Merawatnya

Selang banyak digunakan untuk mengalirkan air maupun udara. Kegunaannya yang sangat penting untuk beberapa keperluan menjadikan ketersediaan selang berkualitas sangat urgent.

Di dunia kesehatan, selang dalam ukuran kecil dibutuhkan dalam proses transfusi darah, mengalirkan infus dan oksigen bagi pasien. Sedang dalam dunia pemadam kebakaran dibutuhkan selang berukuran besar.

Selang Pemadam Kebakaran

Pengertian Selang Pemadam Kebakaran

Fire hose atau yang lebih dikenal dengan nama selang pemadam kebakaran merupakan komponen penting dalam upaya penyelamatan. Fungsinya adalah mengantarkan atau mengalirkan air dari penampung ke sumber api dan sekitarnya.

Alat pemadam kebakaran tidak akan berfungsi tanpa selang yang pas. Selain urgent ketika terjadi bencana, selang ini juga dipasang pada gedung, pusat perkantoran dan perbelanjaan untuk antisipasi. Semua komponen fire hydrant membutuhkan selang.

Bahan untuk membuat selang pemadam kebakaran diantaranya dariserat padat. Pemilihan bahan ini bertujuan agar kuat terhadap tekanan air yang cukup tinggi ketika keluar dari sumber dan mengalir ke pusat api atau sekitarnya.

Konektor Atau Coupling

Untuk menghubungkan selang dengan nozzle dan perangkat output membutuhkan konektor atau coupling yang sesuai. Untuk menyambungkannya ada dua metode pemasangan, yaitu:

Wire Binding: yaitu metode penyambungan antara coupling dan selang pemadam kebakaran dengan menggunakan kawat besi yang dililitkan melingkar memakai mesing penggulung.

Press Hydraulic: yaitu menggunakan cincin plat berbahan aluminium yang melingkari ujung selang dengan cara dipres memakai mesin hydraulic.

Perangkat output pada hydrant jenisnya bermacam-macam. Bisa hydrant pillar, hydrant valve, atau pompa pemadam kebakaran dan output lainnya. Agar bisa dipasang, coupling pada selang harus sama dengan di output.

Kegunaan Selang Pemadam

Seperti namanya, selang ini sangat penting dalam proses pemadaman kebakaran. Air yang berasal dari sumber akan mengalir dan disemprotkan melalui selang. Kerusakan kecil saja dapat berakibat hilangnya fungsi maksimal dari alat.

Sebagai contoh, jika pada selang terjadi kebocoran kecil, tekanan air turun. Output yang kurang bertenaga menyebabkan kemampuan jangkauan turun. Bukan hanya mengurangi volume air yang hilang karena bocor, tetapi fungsinya tidak maksimal.

Begitu pentingnya kegunaan selang dalam proses pemadaman kebakaran, maka sebelum membeli harus benar-benar memperhatikan kualitasnya. Selain itu, cara penyimpanan yang tidak benar menyebabkan cepat rusak dan tidak berfungsi lagi.

Ukuran Selang

Desain selang yang mudah digulung dan ditarik menjadikan proses pemadaman api bisa berjalan dengan cepat dan maksimal. Hal ini tidak lepas dari bahan yang digunakan dimana produsen selalu memenuhi kriteria tersebut.

Untuk panjangnya sendiri, biasanya tersedia sampai ukuran 30 meter. Produsen juga banyak yang memproduksi dengan panjang berbeda sehingga dapat disesuaikan kebutuhan. Berdasarkan penempatannya biasanya digunakan:

  • ½ inchi: biasa digunakan untuk antisipasi kebakaran dalam ruangan
  • 2 ½ inchi: biasa digunakan untuk proteksi kebakaran outdoor atau di luar ruangan

Selain ukuran tersebut masih banyak yang lain dengan penggunaan tertentu. Diantaranya ukuran ¾, 3, 5 bahkan sampai 6 inchi. Petugas biasa menyesuaikan ukuran dengan kebutuhan dan kondisi output.

Selang Pemadam Kebakaran

Bahan Selang Pemadam

Saat ini di pasar banyak tersedia selang pemadam kebakaran dengan berbagai jenis. Bahan yang digunakan untuk membuat berbeda dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Berdasarkan hal ini ada beberapa, yaitu:

1. Selang Kanvas

Selang kanvas memiliki kekuatan untuk menahan tekanan air yang sangat kuat. Bahkan melebihi kekuatan tekanan dari sumber air yang berupa hydrant pillar. Hydrant jenis ini mempunyai tekanan maksimal 10 bar.

Bahan kanvas untuk selang mampu menahan tekanan sampai 13 bar, seperti yang tersedia di toko Situansan. Jenis bahan ini berkualitas tinggi, tidak mudah rusak dan bocor. Selang pemadam kebakaran kanvas cocok untuk iklim seperti di Indonesia.

Untuk ukurannya sendiri banyak produsen yang menyediakan panjang 20 sampai 30 meter. Pengguna cukup mudah untuk menemukan ukuran yang sesuai dengan sumber air atau penampungan.

2. Selang Polyester

Jenis kedua, berbahan polyester. Komponen utamanya adalah polyester staple dan filaments sehingga handal dan tahan lama. Bahan ini juga cocok digunakan untuk wilayah Indonesia.

Berdasarkan ketahanannya, seperti dari bahan kanvas, mencapai 13 bar. Selang dari bahan polyester bisa dipasangkan pada jenis coupling yang sesuai, yaitu machino, storz coupling dan instantaneous.

Sebagaimana fungsi selang untuk mengalirkan air dengan tekanan tinggi, maka perlu bahan yang tahan dan kuat, salah satunya polyester. Bahan ini memang terbukti lebih fleksibel dan juga mudah dalam perawatannya.

3. Selang Red Rubber

Selang pemadam kebakaran ketiga ini paling menonjol. Warnanya yang merah cerah sangat berbeda dengan dua bahan lainnya yang putih. Dari jauh selang ini sudah terlihat dan sangat identik dengan proses pemadaman kebakaran.

Materialnya sangat kuat. Tipe ini banyak digunakan untuk keperluan pemadaman di kawasan industri dan proyek. Ukuran diameter juga juga paling variatif. Mulai dari 1 ½ , 2 ½ , 3 dan 4 inchi. Sedang untuk panjang umumnya tersedia 20 dan 30 meter.

Seperti namanya, bahan dasar selang rubber adalah karet sehingga lebih lentur. Selain itu juga mempunyai permukaan yang licin. Berbeda dengan material dua bahan pembuat selang lainnya yang cenderung halus.

Dilihat dari kekuatan, bahan rubber paling jagoan karena mampu dilewati air dengan kekuatan sampai 18 bar. Bahan ini juga fleksibel, cocok untuk digunakan di dalam maupun luar ruangan. Apalagi ukurannya yang variatif, bisa disesuaikan kebutuhan.

Jenis Selang Pemadam

Selang pemadam kebakaran mempunyai jenis yang bermacam-macam. Pembedanya bisa berupa jenis sumber air dan model output. Sebelum memutuskan untuk menggunakan jenis seperti apa, bagian ini perlu dipahami. Berikut jenisnya;

1. Attack Hose

Selang pemadam kebakaran jenis ini banyak digunakan sebagai alat penyalur atau distribusi air dari outlet atau sumber ke nozzle. Jenis outletnya bisa berupa hydrant pillar, hydrant valve, pompa pemadam kebakaran, ataupun mobil pemadam.

Biasanya bahan yang digunakan berupa karet atau rubber dengan kekuatan menahan tekanan cukup tinggi. Bahkan banyak yang custom atau mencari jenis selang berkekuatan 27 bar. Attack hose biasa berukuran diameter 1 ½ dan 3 inchi.

2. Supply And Relay Hose

Seperti namanya, selang jenis ini berguna untuk distribusi pemasok air dari hydrant pillar yang biasanya berada jauh dari lokasi kebakaran ke mobil. Bisa juga untuk memindahkan air dari satu pompa mobil ke yang lain jika jarak berjauhan.

Jenis selang ini biasa terbuat dari bahan fire hose double jacket berlapis serat kain atau karet sintetis. Karakternya fleksibel. Ukuran yang tersedia juga bermacam-macam.

Untuk jenis berukuran diameter 3 ½ inchi biasa digunakan pada tekanan 13 bar. Sedangnya selang berdiameter 5 inchi biasanya mampu menahan air bertekanan besar, sampai 20 bar.

3. Forestry Hose

Seperti namanya, forestry hose biasa digunakan untuk melakukan pemadaman kebakaran di dalam hutan. Kondisi medan yang tidak menentu dengan berbagai penghalang membutuhkan selang dengan kekuatan prima.

Jalur ekstrim yang mungkin dilewati oleh petugas, yaitu semak belukar dan pohon membutuhkan selang dengan bobot ringan. Jenis selang ini biasanya berukuran diameter 1 ½ hingga 3 inchi namun mampu menahan tekanan sampai 30 bar.

4. Booster Hose

Jenis selang ini biasa digunakan untuk melakukan pemadaman kebakaran yang berukuran kecil. Bahannya fleksibel terbuat dari karet sintetis yang cukup tebal. Meski dialiri air dengan tekanan besar, bentuknya tidak berubah, yaitu bundar.

Untuk menyimpan selang jenis ini biasanya digulung dan diletakkan pada hose reel. Ini memudahkan cara penggunaan, yaitu cukup mengulurnya saja. Setelah selesai tinggal menggulungnya kembali.

Jenis ini mempunyai kekuatan menahan tekanan yang sangat tinggi, mencapai 55 bar. Namun untuk ukuran diameter sangat kecil, yaitu berkisar antara ¾ sampai 1 inchi saja.

5. Suction Hose

Jenis ini sangat berfungsi untuk menaikkan air dari sumber yang tidak bertekanan dan tergenang. Cocok untuk sumber seperti empang, waduk, kolam dan sungai. Bahannya termasuk kaku, yaitu semi rigid, karet sintetis berlapis logam.

Ukuran diameternya sangat variatif. Petugas pemadam kebakaran biasa menggunakan jenis yang berukuran antara 2 ½ inchi sampai 6 inchi. Sayangnya, karena kaku cara membawanya agak merepotkan.

Spesifikasi Selang

Selang pemadam kebakaran tersedia dengan berbagai kekuatan dalam menahan tekanan mulai dari yang hanya beberapa bar sampai 55 bar. Hal ini tentu memudahkan dalam pemilihan sesuai dengan kebutuhan.

Begitu juga dalam hal ukuran diameter. Tersedia ukuran ¾ inchi sampai cukup besar, yaitu 6 inchi. Penggunaannya tergantung medan dan kondisi sumber air yang akan masuk ke mobil penampung maupun jenis output.

Panjang pendek selang pun dapat disesuaikan. Meski pada umumnya tersedia ukuran panjang 20-30 meter namun yang lebih pendek, yaitu 10 meter juga ada. Jika membutuhkan selang lebih panjang bisa dengan menyambungnya.

Proses penyambungan dapat dilakukan dengan menggunakan hose coupling. Tekanan tinggi pada selang menuju titik api dipusatkan oleh ujung nozzle. Pemadaman bisa berjalan cepat karena pemusatan air pada ujung nozzle ini.

Penyimpanan selang dalam gudang atau hydrant box pun harus mendapat perhatian. Usahakan posisinya strategis sehingga mudah untuk mengeluarkannya ketika dibutuhkan.

Teknik Menggulung Selang

Tahukah Anda, bahwa menggulung selang tidak boleh dilakukan sembarangan, tetapi harus mengikuti teknik tertentu. Kunci untuk menjaga agar selang berfungsi dengan baik dan awet terletak pada teknik menggulung dan menyimpannya.

Terdapat beberapa istilah terkait selang pemadam kebakaran yang perlu dipahami. Diantaranya female dan male coupling. Female digunakan untuk istilah coupling pada sumber air atau hydrant pillar. Sedang male adalah coupling di ujung selang.

Posisi coupling memudahkan proses menggulung selang. Sebaiknya gulung mulai dari ujung female ke arah jarum jam sampai pada male coupling. Posisi coupling yang benar memudahkan penggunaan selang nantinya.

Teknik yang benar juga sangat membantu petugas. Ketika akan menggunakannnya tidak harus membawa atau menyeretnya yang mengakibatkan kerusakan. Cukup melempar ujungnya ke petugas lain, maka selang akan terurai dan siap digunakan.

Selang Pemadam Kebakaran

Anjuran Dalam Merawat Selang

Perawatan yang baik pada selang akan membuatnya awet dan berfungsi dengan maksimal. Ciri kondisi selang yang baik adalah tidak kotor, tidak lengket, tidak bocor, air dapat mengalir lancar dan tidak kaku.

Seperti item keamanan yang lain, selama penyimpanan harus dilakukan maintenance. Lakukan pengecekan secara berkala agar pada saat dibutuhkan, selang dalam kondisi ready.

Simulasi pemadaman kebakaran bukan hanya penting untuk meningkatkan skill petugas dan mengupgrade pengetahuan. Hal ini juga sekaligus untuk memastikan bahwa selang dan peralatan lain dalam kondisi prima.

Meski terlihat simpel, namun penyimpanan yang tepat dan perawatan bisa membuat umur pakai selang pemadam kebakaran lebih lama. Kebocoran bukan hanya akan mengurangi volume air yang sampai di titik api, tetapi juga mengurangi tekanannya.

Selang berbahan karet memang relatif lebih awet, kuat dan lentur. Namun demikian dalam penggunaan juga harus berhati-hati. Sama dengan bahan lain selang jenis ini juga tidak boleh ditarik.

Pergeserannya dengan permukaan tanah yang tidak rata dapat menyebabkan gores dan menimbulkan kebocoran. Mengangkatnya merupakan cara memindahkan selang yang paling tepat. Anjuran untuk perawatan selang pemadam kebakaran:

  • Periksa selang pemadam secara berkala. Jangan biarkan kotor. Cuci menggunakan sabun dan air hangat serta sikat yang lembut. Jika tidak terlalu kotor, cukup siram dengan air saja.
  • Saat penyimpanan jauhkan dari sinar matahari karena dapat merusaknya. Penyimpanan dalam posisi gulungan lebih baik.
  • Periksa gulungan secara berkala. Binatang dapat merusak selang dengan membuatnya berlubang sehingga tidak dapat digunakan kembali.
  • Sebaiknya selang disimpan dalam keadaan kering atau setidaknya tidak terdapat air didalamnya, terutama untuk penyimpanan jangka panjang. Taruh gulungan selang dalam keadaan datar.
  • Pastikan posisi selang dalam keadaan mudah dijangkau, tidak tertumpuk dengan barang lain. Anda tidak tahu kapan akan menggunakannya. Usahakan mudah menjangkaunya ketika dalam keadaan darurat.

Larangan Dalam Menyimpan Selang

Kualitas selang sangat penting. Sebagai alat keamanan, kondisi yang prima memang merupakan syarat. Sebelum membeli, pastikan terlebih dulu jenis dan ukuran yang kemungkinan dibutuhkan.

Hal lain yang juga penting adalah kesesuaian dengan hydrant pillar dan output. Sebagus apapun kualitasnya, jika tidak sesuai maka tidak akan berfungsi. Sayangkan sudah mengeluarkan uang dalam jumlah banyak namun sia-sia.

Selang berkualitas dengan perawatan yang benar dan pemakaian standar dapat bertahan 10-20 tahun. Tentu hal ini juga dipengaruhi oleh kualitas dan car penyimpanan. Agra awet jangan lakukan beberapa hal berikut:

  • Gunakan selang sesuai petunjuk penggunaan. Jangan memaksakan menggunakan selang dengan tekanan di atas ketentuan karena dapat menyebabkan lapisannya mengelupas. Begitu juga ketika membersihkan, sesuaikan tekanannya.
  • Jika saat pembelian disertai wadah, selama penyimpanan masukan selang ke tempat tersebut sehingga lebih aman.
  • Perhatikan musim, ketika dingin sebaiknya simpan dekat dengan sumber panas.

Sebelum membeli, perhatikan dengan seksama kondisi selang. Sebaiknya membaca referensi terkait bahan, jenis dan cara perawatan selang seperti yang ada di website dan blog Situansan sehingga awet.

Situansan merupakan toko perlengkapan industri dan alat teknik. Sudah banyak yang belanja dan mempercayakan kebutuhannya di toko yang lengkap dan terpercaya ini.

Memilih selang pemadam kebakaran berkualitas merupakan investasi jangka panjang. Setelah mengetahui jenis dan bahannya semoga bisa menambah referensi sebagai pertimbangan. Jika anda membutuhkan Selang Pemadam Kebakaran berkualitas , anda bisa langsung menghubungi tim marketing kami dengan klik link disini

situansan

all author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.