Kuas Cat Jenis & Kegunaannya

Dalam kegiatan mengecat rumah, tidak semua individu dapat melakukannya. Dibutuhkan tenaga ahli untuk menyelesaikan proses yang satu ini. Kuas cat tembok atau brush cat sangat diperlukan dalam proses ini. Namun tahukah Anda bahwa kuas cat tembok memiliki banyak jenis? Setiap jenis brush cat tembok memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Apabila Anda masih awam dalam hal mengecat rumah, Anda wajib tahu terlebih dahulu peralatan apa saja yang harus disiapkan. Tidak hanya kuas cat tembok pastinya. Mulai dari brush cat, cat bangunan, sampai tiang ekstensi, wajib Anda ketahui fungsinya. Lantas apa saja jenis-jenis brush cat dan kegunaannya?

Jenis-jenis Kuas Cat dan Kegunaannya

Kuas merupakan salah satu alat yang wajib anda gunakan sebagai pendukung pekerjaan anda di saat anda melakukan perbaikan seperti mengecat , mengelem atau kegiatan laiinya. Berikut adalah beberapa jenis kuas yang sering digunakan di kehidupan sehari-hari kita.

Kuas cat

Kuas sangat diperlukan untuk kegiatan mengecat. Tidak hanya pada kegiatan mengecat rumah. Brush cat sendiri memiliki banyak ukuran. Hal ini disesuaikan dengan tujuan dari penggunaan brush cat tersebut.

Peralatan kuas ini dipakai untuk mengaplikasikan cat pada dinding yang luasnya tidak terlalu besar. Perlu Anda perhatikan, Anda harus selalu membersihkan brush cat setiap selesai digunakan.

Tujuan dari kegiatan ini sendiri yaitu agar hasil pengecatan rata dan terlihat rapi serta memuaskan. Tidak hanya itu saja. Brush cat yang rajin dibersihkan tentunya akan lebih awet dan dapat digunakan berkali-kali.

KUAS

Kuas roll

Pernahkan Anda mendengar kuas roll? Brush ini disebut demikian karena memiliki bentuk roll untuk mengecat. Alat ini sangat berguna untuk mengecat permukaan dinding atau plafon yang relatif luas. Dengan brush jenis ini, pengecatan dapat selesai lebih cepat. Selain itu, hasil yang diperoleh juga lebih halus dan rata.

Tahukah Anda bahwa brush roll memiliki dua jenis ukuran. Yakni brush roll kecil dan brush roll besar. Brush roll besar sendiri memiliki fungsi untuk mengecat area yang luas seperti dinding dan plafon.

Sementara brush roll kecil berfungsi untuk mengecat area yang kurang rata dan sulit untuk dijangkau. Hasil yang diperoleh dari penggunaan brush roll ini yaitu area yang di cat terlihat lebih rapi dan tidak belepotan.

KUAS

Spray gun

Alat untuk membangun lainnya yang tak kalah penting adalah spray gun. Prinsip kerja spray gun sendiri yaitu menggunakan udara kompresor untuk mengaplikasikan cat pada permukaan kayu, besi, maupun dinding. Untuk menggunakannya sendiri tidak terlalu sulit. Pastinya Anda telah familiar dengan semprotan serangga bukan? Cara penggunaannya hampir mirip dengan semprotan serangga.

Tahukah Anda bahwa cat harus diaduk rata terlebih dahulu sebelum nantinya diaplikasikan pada dinding? Setelah cat diaduk rata, barulah Anda dapat menggunakan brush cat untuk mengaplikasikannya. Begitu juga dengan menggunakan spray gun, cat harus diaduk terlebih dahulu.

KUAS

Jenis Bulu Kuas

Jenis bulu brush juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hasil pengecatan. Anda wajib memahami terlebih dahulu berbagai bahan untuk bulu brush ini. Tentunya bahan bulu brush memiliki tekstur yang berbeda-beda.

Ada dua jenis brush berdasarkan bulunya, yakni brush natural yang terbuat dari bulu hewan seperti tupai, musang atau babi dan brush sintetis dari bahan nylon dan polyester. Masing-masing jenis brush ini memiliki fungsi tersendiri.

Umumnya brush dengan bulu berbahan dasar nylon sangat cocok untuk cat yang bahan dasarnya minyak. Sementara untuk jenis cat yang bahan dasarnya campuran seperti stain, alkyd dan pernish, maka brush yang cocok adalah brush natural.

Jenis Ketebalan Bulu

Selain terbuat dari bulu yang berbeda, brush cat juga memiliki ketebalan bulu yang tebal dan tipis. Jika Anda mengecat di lapisan tebal, pakailah brush dengan bulu tebal dan begitu pula sebaliknya. Tak hanya itu, brush juga terbagi menjadi bentuk datar, melekuk, dan miring berdasar fungsinya.

  • Berdasar ukuran

Ada tiga jenis ukuran brush, yakni kecil, sedang, dan besar. Brush kecil berukuran 1 inch dan dipakai di area yang kecil dan sempit. Brush sedang memiliki ukuran 2 inch digunakan di ruangan yang berukuran sedang. Brush besar berukuran 3 sampai 4 inch dipakai untuk pengecatan pada area tembok yang luas.

Harga kuas cat bangunan

Dari sekian banyak jenis brush yang tersedia, sebaiknya Anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Pilihlah brush cat besar dengan jangkauan area yang luas untuk mengecat seluruh tembok ruangan. Jika Anda mengecat sudut sempit atau permukaan yang memiliki banyak lekukan, pilihlah brush kecil berbentuk miring.

Harga brush biasanya tergantung pada ukuran dan merk. Merk brush yang dijual di toko bangunan antara lain Eterna, Crocodile, Kenmaster, Truscho, American Tool, Ace Star Brush, Sun Brush, dan lain sebagainya. Merk-merk tersebut adalah beberapa merk brush cat terbaik yang menyediakan brush cat dengan berbagai macam ukuran.

Harga dari merk dan ukuran yang ada pun bervariasi. Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Hal yang perlu diperhatikan saat memilih kuas cat tembok

Tak hanya harga dan merk, Anda juga harus memperhatikan kualitas brush cat. Brush cat yang berkualitas bisa menahan dan menampung cat lebih baik dan membuat pengecatan lebih efisien. Brush yang bagus juga lebih nyaman dipakai dan tak meninggalkan brush mark.

Untuk memilih brush yang bagus, perhatikan ujung bulu brush. Brush yang berkualitas punya ujung bulu lembut. Lalu, brush juga memiliki kelenturan di ujung bulu pada saat dibengkokkan tapi tetap dapat kembali ke bentuk awal. Ketiga, brush berbentuk runcing dengan bulu di sisi luar lebih pendek dari bulu di sisi tengah.

Tips dan Trik Membersihkan Kuas Cat Tembok Agar Lebih Awet

Seperti yang Anda tahu, brush cat tembok memiliki peran penting dalam proses mengecat. Setelah Anda mengetahui jenis brush cat tembok dan fungsinya, Anda juga wajib tahu cara membersihkan brush cat tembok yang efektif agar awet. Apabila Anda masih bingung cara membersihkan brush cat tembok yang efektif, simak beberapa tips dan triknya berikut ini.

Gunakan Thinner

Sudah bukan rahasia lagi bahwa thinner digunakan untuk membersihkan sisa-sisa cat pada brush cat tembok. Selain itu, fungsi thinner adalah untuk mengencerkan cat sebelum digunakan. Cara menggunakan thinner untuk membersihkan sisa cat pada brush cat tembok adalah sebagai berikut.

Jika pada brush cat tembok terdapat sisa cat, maka oleskan sisa cat tersebut ke kertas koran atau bisa juga kain yang tidak dipakai lagi. Kemudian rendam brush cat tadi ke dalam cairan thinner.

Perhatikan sisa cat pada brush tembok Anda. Apabila sisa cat sudah meluruh, angkat brush cat tersebut kemudian bersihkan dengan lap. Jangan lupa membilas brush cat tembok tersebut. Jika Anda ingin hasil yang maksimal, gunakanlah air hangat. Selanjutnya Anda hanya perlu menunggu brush cat tersebut kering.

Gunakan Pelembut Pakaian

Siapa sangka pelembut pakaian memiliki fungsi lain. Tahukah Anda pelembut pakaian dapat dijadikan pilihan selain thinner untuk membersihkan brush yang kotor karena cat? Anda tidak perlu repot membeli thinner lagi untuk membersihkan brush cat Anda. Berikut ini adalah cara menggunakan pelembut pakaian untuk membersihkan brush cat.

Sama seperti langkah awal, oleskan sisa cat yang menempel pada brush ke koran atau kain. Campur setengah gelas cairan pelembut pakaian pada air yang hangat sebanyak 4 liter. Air hangat dapat membuat cat pada brush meluruh lebih cepat. Tuangkan larutan tadi pada mangkuk sambil memutar brush di dalam larutan tersebut.

Langkah tadi diulang hingga sisa cat meluruh semua. Bersihkan sisa larutan tadi pada bulu brush dengan lap. Sisanya Anda hanya perlu menunggu brush kering.

Menggunakan Cuka

Cuka sering digunakan sebagai bumbu dapur.Siapa sangka cuka dapat digunakan untuk membersihkan sisa cat pada brush. Lalu bagaimana cara menggunakannya? Cara penggunaannya akan dilampirkan sebagai berikut.

Anda perlu merendam brush yang sudah mengering ke dalam cuka di suatu wadah. Lakukan perendaman selama satu jam. Anda perlu memastikan apakah brush tersebut sudah bisa ditekuk atau belum. Jika brush masih terasa keras dan sekiranya masih tidak bisa ditekuk, rendam brush tersebut lebih lama.

Apabila sisa cat masih menempel pada brush, coba untuk merebus brush tersebut di air mendidih. Kemudian, angkat brush dari rebusan cuka. Diharapkan Anda berhati-hati saat mengangkat brush karena bulu brush akan panas, bisa saja melukai Anda. Biarkan brush mengering di ruang terbuka dan suhunya menurun.

Namun bagaimana jika bekas cat belum juga hilang dari brush? Anda harus mengulangi langkah-langkah sebelumnya hingga sisa cat hilang sepenuhnya. Setelahnya, Anda dapat membilas brush tersebut dengan air dan biarkan mengering dengan sendirinya.

Dari sekian alternatif cara membersihkan brush tersebut, Anda dapat memilih cara mana yang sekiranya lebih efektif. Gunakan bahan yang sudah Anda miliki di rumah untuk menghemat pengeluaran. Lagipula, membersihkan sisa cat tidak terlalu sulit jika dilakukan dengan benar.

Cara memilih kuas cat yang berkualitas untuk mengecat rumah

Kualitas brush cat tentunya juga harus menjadi perhatian Anda. Tentunya hasil pengecatan akan bergantung pada kualitas brush cat yang Anda pilih. Jangan sampai Anda memilih brush berkualitas rendah, atau hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasi Anda. Berikut ini adalah tips memilih brush cat yang berkualitas.

  1. Memilih kuas yang pegangannya nyaman

Tips yang pertama yaitu pilihlah brush yang memiliki pegangan yang nyaman di tangan Anda. Pegangan yang nyaman akan membuat tangan Anda tidak mudah lelah saat melakukan aktivitas mengecat dinding. Pastikan juga bulu brush menempel cukup kuat dan tidak mudah rontok. Bulu brush yang mudah rontok akan menyulitkan Anda dalam kegiatan mengecat nantinya.

Selain itu, ketebalan bulu brush juga menjadi faktor yang penting. Anda harus memilih kuas dengan ketebalan bulu yang sesuai. Kuas yang berkualitas bagus memiliki bulu yang tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal. Carilah kuas cat dengan bulu yang tidak terlalu pendek dan memiliki ujung yang rata.

  1. Pilih kuas yang berkualitas yakni kuas yang meruncing dibagian ujungnya

Bulu kuas yang meruncing di bagian ujung merupakan salah satu pertanda bahwa kuas tersebut berkualitas. Anda wajib memperhatikan hal sepele macam ini agar tidak salah pilih. Jangan sampai Anda memilih kuas dengan pangkal dan ujungnya memiliki ketebalan yang sama.

  1. Pilih kuas dengan buku yang lebih panjang dan banyak

Kuas dengan bulu panjang plus banyak ini memiliki kelebihan, yakni mampu menyerap cat lebih banyak. Kelebihan ini tentunya dapat membuat penggunaan cat Anda jauh lebih hemat dan efektif. Tahukah Anda bahwa kuas yang berkualitas rendah plus murah cenderung memiliki bulu lebih pendek? Bulu yang pendek ini akan menimbulkan bekas di akhir.

  1. Memastikan jenis kuas sesuai dengan cat yang digunakan

Jenis cat seperti apa yang Anda gunakan untuk bangunan Anda? Pastikan Anda menyesuaikan jenis kuas dengan jenis cat yang Anda pakai. Bulu kuas umumnya terbuat dari bulu hewan maupun serat sintetis. Bulu hewan biasanya digunakan untuk kuas yang menggunakan cat minyak.

Apabila cat yang Anda gunakan berbahan dasar air, maka sebaiknya hindari penggunaan kuas berbahan dasar bulu hewan. Mengapa demikian? Karena bulu hewan dapat menyerap air. Bulu yang menyerap air ini nantinya akan sulit untuk mengembang untuk diarahkan.

Tips memilih cat untuk rumah

Setelah mengetahui berbagai hal mengenai kuas cat, ada baiknya juga Anda mengetahui tips memilih cat yang baik serta berkualitas untuk rumah Anda. Memilih cat tidak bisa sembarangan. Pemilihan cat ini nantinya akan berpengaruh untuk kenyamanan Anda saat menempati rumah tersebut.

Berikut ini dilampirkan beberapa tips memilih cat untuk rumah.

  1. Memperhatikan merek cat, manfaat, serta fungsinya

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam memilih cat yakni merek dan manfaatnya. Cat berkualitas tentunya akan melindungi dinding rumah Anda. Cat berkualitas tinggi memiliki daya rekat yang baik.

Hal ini berfungsi untuk menutupi permukaan hingga tidak terdapat retak dan tahan lama pastinya. Perlindungan maksimal akan Anda peroleh ketika cat yang Anda pilih berkualitas.

  1. Memiliki banyak pilihan warna

Setiap merek cat di pasaran pastinya akan memberikan berbagai pilihan warna yang sangat banyak. Anda dapat menentukan sendiri warna cat yang sekiranya cocok untuk dinding rumah Anda. Gunakan warna yang netral untuk cat dinding ruangan. Selain itu, gunakan warna yang cerah serta tahan cuaca untuk cat dinding bagian luar.

  1. Cat berkualitas yang mampu melindungi rumah Anda

Produsen cat berkembang seiring berjalannya waktu. Mereka melakukan banyak riset hingga memunculkan berbagai inovasi untuk produknya. Setiap jenis produk cat yang dikeluarkan pastinya memiliki fungsi serta manfaat yang berbeda-beda. Ada cat yang cocok untuk interior, ada pula cat yang cocok untuk eksterior.

Contohnya saja seperti cat eksterior yang mampu memberikan perlindungan dari panas serta dapat menurunkan suhu hingga 20 derajat celcius. Ada juga produk cat yang fungsinya untuk menutup retak rambut, memberi perlindungan terhadap jamur, lumut, dan debu, serta kotoran lain yang menempel pada dinding.

Ketika Anda hendak memilih cat untuk rumah, pastikan Anda mengetahui secara detail mengenai informasi dari produk cat tersebut. Anda dapat berkonsultasi pada ahlinya agar pilihan Anda nantinya tidak mengecewakan.

Pemilihan cat yang tepat sangat berpengaruh pada rumah Anda. Tentunya juga dapat berpengaruh pada kenyamanan Anda selaku penghuni rumah tersebut. Perhatikan juga harga dari cat yang Anda pilih. Anda bisa juga mengecek cat rumah yang akan Anda beli di Situansan.

Nah demikian informasi mengenai kuas cat dan tips memilih cat untuk rumah yang dapat Anda peroleh. Semoga tulisan ini menambah wawasan Anda. Jangan lupa untuk membagikan informasi pada artikel ini jika dirasa penting dan bermanfaat. JIka anda membutuhkan kuas dalam jumlah banyak anda bisa menghubungi tim marketing kami dengan klik link disini

situansan

all author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.